Senin, 24 Oktober 2011

DBD Renggut Empat Nyawa,,bg Rinal

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

BENGKALIS, TRIBUN - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis. Dalam dua bulan terakhir di kabupaten Bengkalis terjadi peningkatan angka kasus DBD. Penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypty, telah menyerang 21 penderita pada bulan Juli 2011.

Memasuki bulan Agustus, angka itu menggelembung menjadi 45 kasus. Dan yang menjadikan penyakit mematikan ini diperhatikan serius, yakni telah memakan empat warga Bengkalis di bulan September. Pada bulan yang sama, terjadi 72 penderita DBD.

Empat korban jiwa akibat menderita DBD terjadi di tiga kecamatan. Kecamatan Pinggir merenggut dua korban jiwa, Mandau merenggut seorang korban dan seorang lagi di kecamatan Bukit Batu. Kesemua korban jiwa disebabkan terlambat diperiksakan ke puskesmas terdekat.

Kepala dinas Kesehatan Bengkalis, Zulpan Heri langsung mengintruksikan jajarannya melakukan sosialisasi di masyarakat. Ia meminta UPTD di semua kecamatan melakukan koordinasi dengan Camat hingga Desa dan Kelurahan untuk melakukan sosialisasi.

"Kita imbau semua perangkat dinas kesehatan Bengkalis bisa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan," ucapnya, Senin (24/10).

Apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan. Sementara sebaran jentik-jentik nyamuk akan semakin banyak. Karena pada musim penghujan ini akan semakin banyak terjadi genangan di sana sini. Tindakan pencegahan sederhana yang bisa dilakukan masyarakat, yakni dengan melakukan 3M.

3M di sini dimaksudkan, menguras, menutup dan menimbun. Meski sederhana, ia menilai, kesadaran masyarakat akan hal ini menurun. Masyarakat tak bisa hanya mengandalkan pemerintah melakukan fogging.

"Fogging yang dilakukan dinas kesehatan, hanya efektif membunuh nyamuk dewasa. Sementara jentik-jentik nyamuk pada genangan air, tetap harus diperhatikan serius," lanjutnya.

Bagi masyarakat, Zulpan mengimbau untuk lebih mencintai keluarga. Karena, lengah sedikit saja, anggota keluarga bisa terancam teridap DBD. Dan bila anggota keluarga sudah terserang demam tinggi, ia meminta, segerakan bawa ke puskesmas terdekat. Masyarakat tak perlu mengkhawatirkan biaya berobat. Karena pemda Bengkalis sudah menanggung semua biaya melalui jamkesmasda.

Data 2011
- januari 9 kasus
- februari 12 kasus
- maret 11 kasus
- april 10 kasus
- mei 19 kasus
- juni 33 kasus
- juli 21 kasus
- agustus 45 kasus
- september 72 kasus

Total hingga 30 september 2011, 232 kasus
Korban meninggal 4 kasus
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar