Kamis, 06 Oktober 2011

Mandau Dinyatakan Endemi DBD

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Anggota Komisi IV DPRD Bengkalis yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bengkalis, dr Fidel Fuadi menghimbau kepada Dinas Kesehatan Bengkalis untuk segera turun ke daerah yang menjadi endemi demam berdarah dengeu (DBD). Imbauan tersebut dimaksudkan supaya dinas terkait memberikan penyuluhan pencegehan penyakit tersebut ke tengah masyarakat.

Lanjut Fidel, kalau memang DBD sudah mewabah ke daerah Mandau, sudah seharusnya pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan agar dapat langsung melakukan penyuluhan. Karena hal itu dinilai lebih perlu dari pada sekadar melakukan penyemprotan fogging ke rumah-rumah warga. Pihak Dinkes dapat melakukan penyuluhan 3M (Menutup, Membuang dan Mengubur) serta cara melakukan pertolongan pertama terhadap penderita DBD.

Edukasi berkala dinilai lebih efektif dilakukan. Apalagi bila disertai dengan melakukan fogging. Supaya masyarakat benar-benar mengerti cara untuk pencegahan penyakit demam berdarah. Karena tidak semua masyarakat yang ada di Mandau tahu akan langkah pengambilan tindakan preventif atas DBD.

''Hendaknya pihak Dinas Kesehatan Bengkalis, dapat turun langsung ke pemukiman yang rawan akan penyakit DBD untuk memberikan penyuluhan pencegahan dan pertolongan pertama terhadap penderita DBD. Ini perlu dilakukan untuk penyelamatan warga yang terancam dengan penyakit yang cukup mematikan,'' ucap Fidel.

Seperti diberitakan sebelumnya, kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis selalu adasaja tercatat kasus DBD. Kendati belum tergolong KLB (Kejadian Luar Biasa), namun kecamatan Mandau termasuk daerah endimi DBD. Yakni setiap tahun selalu berlangganan kasus ini. Demikian dikatakan Drg.Susilowati, kepala UPTD Dinas Kesehatankemarin.  Untuk tahun 2011 ini, di Kecamatan Mandau terjadi 11 kasus DBD di bulan September ini.

Dibandingkan bulan sebelumnya, September terjadi peningkatan  wabah DBD. Hal ini di picu juga oleh tingginya curah hujan di musim ini.    Dalam catatan UPTD  Kesehatan kecamatan Mandau, dearah yang paling rentan terjangkitnya DBD adalah Kelurahan Air Jamban. Kelurahan ini adalah salah satu Kelurahan yang berpenduduk padat dan daerahnya juga luas. 

"Untuk daerah ini UPTD Kesehatan juga telah melakukan fogging (pengasapan) guna mengantisipasi meluasnya wabah demam berdarah," ucapnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar