Minggu, 02 Oktober 2011

Johar Kenang Masa-masa di Pesantren

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Berawal dari obrolan di facebook, alumni Ponpes Hubbul Wathan, M Shubli menggagas pembentukan forum alumni. Obrolan di facebook tersebut ternyata berlanjut pada beberapa pertemuan. Kesepakatan membentuk Ikatan Alumni Hubbul Wathan (Ikahwa) pun ditetapkan. Selanjutnya dibentuk kepengurusan supaya koordinasi lebih lancar.

Tujuan awal pembentukkan ikatan alumni ini untuk turut membangun mutu pendidikan ponpes Hubbul Wathan. Sabtu (1/10) pengurus perdana dilantik di aula ponpes Hubbul Wathan. M Shubli mengemban amanat koordinasi antar alumni Hubbul Wathan.

"Wadah ini harus bisa menggerakkan pembangunan mutu ponpes Hubbul Wathan ke depan," ucapnya.

Sementara Ketua ponpes Hubbul Wathan, Buya Hamka Riau, mengatakan, ikatan alumni diharap bisa membangun kemajuan ponpes. Koordinasi antar alumni bisa saling merekatkan silaturahmi dan juga turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan ponpes.
Selain itu, kesuksesan alumni di kancah nasional, bisa menjadi motivasi santri yang sedang menempuh studi. Dalam acara pengangkatan ketua ikatan alumni, juga dihadiri ketua DPRD Riau, Johar Firdaus dan ketua Fraksi PPP DPRD Riau, Rusli Efendi.

"Kesuksesan yang telah dicapai Johar dan Rusli bisa menjadi motivasi belajar santri-santri Hubbul Wathan. Untuk itu kami harapkan dibentuknya ikatan alumni ini bisa membangun mutu pendidikan," ucap Hamka Riau.

Selain itu, Hamka juga berharap, ikatan alumni Hubbul Wathan ini bisa seperti ikatan alumni lembaga pendidikan lain. Di hadapan undangan, dia mengatakan, ikatan alumni ponpes Gontor, turut memberi kontribusi pembangunan pendidikan ponpes.

Begitu juga alumni Universitas Islam Indonesia (UII), Unisba, UI dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dapat membangun almamater yang ditinggalkan. Pada kesempatan ini Hamka juga menyampaikan beberapa program unggulan. Program unggulan ini diharapkan bisa mendapat kontribusi alumni.

"Kami punya empat program unggulan yang bisa jadi perhatian Ikahwa. Program unggulan Hubbul Wathan antara lain, Tahfidzul Quran, Pengembangan IT, penggunaan bahasa Inggris, dan program tambahan seni melayu," lanjutnya.

Sementara Johar dalam acara itu hanya mengenang masa-masa indah di ponpes. Teman satu kamar Hamka ini teringat masa kecilnya menuntut ilmu bersama Hamka Riau. Dia masih ingat buku-buku favorit masa kecil dan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan keduanya dihukum.

Namun di luar pengalaman-pengalaman suka duka menuntut ilmu di ponpes Hubbul Wathan, ia mendapat manfaat yang luar biasa. Menurutnya, berkat belajar di Hubbul Wathan, ia tak kesulitan menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lanjutnya, capaian saya hingga bisa duduk menjadi pimpinan DPRD Riau, tak lain berkat gemblengan belajar di Hubbul Wathan. Ia berharap, pada semua santri yang masih aktif belajar, untuk terus memacu semangat. Dan ia berharap, lulusan Hubbul Wathan bisa jauh capaiannya melebihi dirinya.

"Dalam kepengurusan ini saya hanya bisa memberikan pembinaan. Sementara kontribusi yang diberikan hanyalah koordinasi dalam kegiatan yang dilakukan," ucap Johar.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar