Kamis, 13 Oktober 2011

Polisi Juga Diawasi Menggunakan CCTV

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Closed Circuit Television (CCTV) yang dioprasikan oleh Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bengkalis di beberapa titik di Kota Duri, ternyata tidak hanya berfungsi untuk memantau dan mengendalikan kondisi lalu lintas semata. Menurut Kasat Lantas AKP Maryono, sejumlah CCTV yang beroperasi saat ini juga bisa mengendalikan anggota oprasional di lapangan.

Menurutnya, kecanggihan alat ini bisa mendeteksi dan merekam kinerja kepolisian di lapangan yang kebetulan di sekitar tempat tersebut sudah dipasang CCTV. Polres Bengkalis memasang empat CCTV di jalur lintas.

Empat CCTV ini masing-masing dipasang di simpang Mawar, simpang pokok jengkol, area masjid Arafah, dan simpang geroga. AKP Mariyono mengatakan, pemasangan CCTV ini bertujuan untuk mengontrol arus lalulintas secara 24 jam penuh dan juga mengontrol kerja petugas di lapangan. Pantauan bisa dilakukan secara online.

Sehingga, oknum petugas tak bisa berulah di luar peraturan. Bila kebetulan terekam alat canggih ini, maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi. Sangsi yang diberikan, kata Maryono, tergantung pada skala kesalahan yang diperbuatnya.

"Apabila skala kesalahannya besar, maka sangsinya pun akan berbanding lurus," katanya.

Saat ini ada sejumlah titik yang di pasang CCTV. Di antaranya ditempatkan di titik yang bisa mengawasi kinerja kepolisian di lapangan, karena keberadaannya yang berdekatan dengan pos jaga.

Walaupun demikian tujuan utama dari Satlantas Polres Bengkalis yang bisa terwujud dari kerjasama Dinas Perhubungan (Dishub) ini adalah untuk pemantauan dan pengendalian lalulintas. Dengan adanya peralatan canggih ini, diharapkan pihak terkait bisa bekerja lebih simpel dan efektif.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar