Senin, 31 Oktober 2011

Satukan Persepsi PAUD Pada Mansyarakat

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Dalam dua tahun terakhir, pertumbuhan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Mandau dinilai cukup signifikan. Selama rentang waktu itu, sudah berdiri 42 PAUD di kecamatan Mandau. Dan untuk dapat menumbuhkan kualitas, kesemuanya sepakat untuk membentuk perhimpunan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD. Organisasi itu lantas dinamakan Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi).

Untuk di kabupaten Bengkalis, organisasi semacam ini digagas oleh istri wabup, Fatimah Suayatno. Sebelum pembentukan Himpaudi di Mandau, yang bersangkutan telah membentuk organisasi yang sama di kecamatan Bengkalis. Selain penggagas, yang bersangkutan diamanahi sebagai ketua Himpaudi Bengkalis.

"Dibandingkan Bengkalis, malah kita terlebih dulu memiliki Forum PAUD, dan dikukuhkan PAUD Tingkat Propinsi Riau. Namun karena mengikuti struktur daerah, makanya dibentuklah Himpaudi melalui Muscab I yang diselenggarakan sejak Ahad kemarin, sekaligus pelantikan pengurusnya, Senin ini,'' ujar Ketua Himpaudi Kecamatan Mandau Sri Purwaningsih.

Saat dijumpai Tribun di sela acara pelantikan, wanita yang akrab disapa Kiki ini didampingi Elfaningsih. Pelantikan dilaksanakan di gedung Bathin Betuah, area kantor Camat Mandau. Dan masa bakti pekengurusan tahun ini akan berakhir hingga 2015.

Lanjut Kiki, program ke depannya yang akan dilakukan Himpaudi Cabang Mandau, yakni menyatukan persepsi pendidikan anak usia dini. Di mana selama ini mungkin metode pendidikan sekolah PAUD satu sama lain ada yang berbeda. Melalui wadah ini akan dirancang formula yang tepat sesuai dengan Permen 58 yang mengatur soal PAUD.

'' PAUD ini ada dua macam, formal dan non formal. PAUD formal tingkat TK dan RA. Sedangkan yang non formal pendidikan dibawah umur lima tahun,'' tambahnya.

Pengurus Cabang Himpaudi Mandau dilantik secara resmi oleh Ketua Himpaudi Daerah Bengkalis Ny Fatimah Suayatno. Acara tersebut juga dihadiri Camat Mandau Rusli Amp, anggota DPRD Bengkalis Hj Mira Roza dan Staf PLS UPTD Pendidikan Mandau Idrus SPd. Di sela-sela pelantikan panitia juga menampilkan beragam kreatifitas anak-anak, di antaranya parade pakaian daerah, senam massal dan tarian daerah

"Dengan dibentuknya Himpaudi Cabang Mandau ini diharapkan kepada pengurus lebih mengembangkan diri dan kemampuan dalam mendidik anak-anak sesuai dengan karakternya. Kita optimis dengan pembinaan pendidikan yang terarah, maka anak-anak usia dini kelak bisa tumbuh menjadi anak-anak cerdas, terampil, dan berakhlak mulia,'' imbuhnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar