Minggu, 30 Oktober 2011

Pelatihan Jurnalistik Hiwari Diikuti Ratusan Siswa

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Himpunan Wartawan Duri (Hiwari), wadah persatuan media massa lokal di Kecamatan Mandau dan Pinggir, Sabtu (29/10) lalu mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Pelatihan ini ditujukan pada siswa SMA sederajat se-Kecamatan Mandau. Ajang melatih kewartawanan ditingkat SMA sederajat ini digelar di Aula SMAN 1 Mandau.

Sebanyak 150 siswa dari 14 SMA sederajat ikut ambil bagian dalam pelatihan yang berisi beberapa materi. Materi yang disampaikan yakni, Dasar-Dasar Jurnalistik, Teknik Penulisan Feature dan Teknik Pembuatan Majalah Dinding. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh anggota DPRD Bengkalis dari Komisi IV dr H Fidel Fuadi Dt.Majobasa dan dihadiri Kepala UPTD Pendidikan Mandau yang diwakili Irzaldi SPd yang juga Kepala SMAN 1 Mandau, Ketua Himpunan Wartawan Duri (Hiwari) Yusrizal S.Kom, serta guru perwakilan sekolah SMA/SMK.

"Kegiatan pelatihan jurnalistik yang dibuat rekan-rekan wartawan ini sangat positif dan bermanfaat bagi siswa yang hobi menulis. Menulis itu seni. Seni itu penjiwaan. Jika kita menjiwai seni dalam sebuah tulisan, maka tulisan itu akan menjadi sebuah karya luar biasa. Selain kepuasaan bathin, karya tulis bisa mendatangkan benefit atau keuntungan. Menjadi wartawan hanya satu sarana menyalurkan bakat menulis. Namun setiap penulis tidak musti harus jadi wartawan,'' ujar Fidel.

Bertindak selaku pemateri pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar tersebut, Ir Syukri Datasan Alpauhi yang memberikan materi Dasar-Dasar Jurnalistik. Dilanjutkan Elia Susanti SSos memberi materi Teknik Pembuatan Tulisan Feature.

Dan materi yang nantinya jadi wadah karya siswa-siswi SMA sederajat disampaikan Wicaksana Arif Turbrilian. Pria yang akrab disapa Wiar ini merupakan wartawan Tribun Pekanbaru. Yang bersangkutan menyampaikan materi Teknik Pembuatan Majalah Dinding.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang jurnalistik serta mengembangkan minat siswa yang berbakat menulis ataupun terjun ke dunia jurnalistik. Dalam pelatihan ini kita juga memberikan tips-tips membuat tulisan feature dan majalah dinding.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, kita berharap pengetahuan siswa terhadap jurnalistik bertambah, dan dapat mengembangkan minat dan bakatnya, dimulai dari majalah dinding di sekolah masing-masing," ujar Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Dasar ini, Jhonson S.

Hal senada diucapkan ketua Hiwari, Yusrizal. Pada Tribun ia mengatakan, ke depannya pelatihan ini akan berkelanjutan. Setelah mendapat materi dasar dan diajarkan bagaimana membuat mading, akan digelar pula lomba mading. Ia berharap siswa-siswi ini bisa mengimplementasikan bekal yang didapat pada pelatihan ini.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Mandau Irzaldi SPd memberikan apresiasi terhadap Hiwari yang telah sudi meluangkan waktu memberikan pelatihan tentang jurnalistik, di tengah kesibukannya mencari berita setiap hari.

"Kami dari pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Hendaknya terus berkelanjutan. Bisa juga nanti diadakan lomba mading tingkat SMA/SMK. Karena wadah menyalurkan bakat menulis bagi siswa di sekolah adalah mading. Di situ nanti rekan-rekan wartawan dapat menilai tulisan-tulisan siswa,'' paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar