Jumat, 28 Oktober 2011

Koramil 06 Ajak Go Green Di Kalangan Pemuda

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Pencegahan pemanasan global harus segera dilakukan semua orang. Hal ini akan sangat berpengaruh atas kelangsungan kehidupan yang diprediksi akan semakin panas. Program Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan yang mengimbau masyarakat Indonesia untuk memulai menanam perlu diperhatikan. Istilah "One man, One tree" nampak belum populer dilakukan masyarakat Indonesia.

Padahal bila kita menengok kalender cuaca, bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan. Maka dari itu, merupakan waktu yang cocok untuk menanam. Danramil 06 kecamatan Mandau, Kapten Y Mendrofa bersama jajaran berusaha mengkampanyekan gerakan menanam. Selain jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga berkerjasama dengan SMKN 1 Mandau, Komite Sekolah, Kepala Desa Petani, dan Pemuda Pancasila.

Mendrofa berkeinginan, gerakan penanaman pohon ini ke depanya bisa menjadi kebiasaan. Karena manfaat pepohonan rindang, sangat banyak bagi kelangsungan hidup manusia. Selain meneduhkan, pepohonan besar yang tumbuh di sekitar kita bisa menyumbang oksigen bagi kelangsungan hidup. Gerakan penanaman pohon yang dilakukan jajaran koramil 06 ini merupakan kegiatan khusus yang dilaksanakan jajaran TNI secara serentak.

Kegiatan ini dinamakan Giat Riau Wirabima Go Geen. Yakni gerakan penanaman pohon secara serentak di jajaran TNI. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk memeringati hari sumpah pemuda yang ke 87. Peringatan hari sumpah pemuda ini ditandai dengan aktifitas perubahan. Pemuda-pemuda generasi penerus bangsa memang harus menjadi perubah ke arah yang lebih baik.

"Untuk itu kita laksanakan penanaman pohon yang tentunya akan banyak manfaat yang bisa dirasakan. Kami pun mengajak beberapa kalangan kepemudaan, sekolah dan perangkat desa untuk turut mengkampanyekan go green," ucap Mendrofa, Jumat (28/10).

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan dua hari berturut-turut, hari Kamis dan Jumat. Pohon yang ditanam dalam gerakan ini merupakan jenis pohon besar dan teduh. Yakni, pohon Trembesi dan Mahoni. Sementara bibit pohon yang ditanam di sejumlah titik di Mandau, yakni berjumlah 500 batang.

Di SMKN 1 Mandau, penanaman pohon dilakukan di lingkungan sekolah dan jalan masuk. Penanaman pohon itu dilakukan 25 anggota TNI, 75 siswa SMKN 1 Mandau, 22 tenaga pengajar, 5 anggota komite SMKN 1 Mandau, dan tiga anggota Pemuda Pancasila.

Lanjut Mendrofa, kegiatan ini tentunya sejalan dengan program kerja TNI yakni Bina teritori (Binter). Dalam pembinaan yang dilakukan TNI terhadap masyarakat yakni menerangkan kecintaan terhadap kebangsaan. Selain itu, mengenali daerah teritori Indonesia dan mewujudkan kecintaan itu melalui gerakan perubahan.

"Termasuk kecintaan terhadap kelangsungan kehidupan. Satu di antaranya yakni mewujudkan go green," tambahnya.

Sejalan dengan Kapten Mendrofa, kades Petani, Rianto juga turut mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan penanaman pohon, merupakan bentuk dukungan terhadap program penghijauan pemerintah. Baginya keberadaan pohon banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia.

"Serain menyerap panas, pohon juga memberikan oksigen gratis pada manusia. Penyerapan panas itu, tentu sedikit banyak membantu pencegahan pemanasan global," ucapnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar