Rabu, 26 Oktober 2011

Tingkatkan Patroli Antisipasi Curas

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Maraknya kejadian pencurian dengan kekerasan, polisi tingkatkan patroli. Hal itu juga menyusul adanya kejadian curas di wilayah hukum polsek Pinggir senin lalu. Kejadian itu membuat mereka meningkatkan intensitas patroli, terlebih di malam hari.

Untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian dengan kekerasan serta kejahatan lainnya yang belakangan ini masih tetap ada, membuat pihak kepolisian meningkatkan kewaspadaan. Seperti halnya bagi Polsek Mandau.

''Sebenarnya patroli ke gang-gang dan ke desa-desa sudah lama kita laksanakan. Namun dengan adanya peristiwa curas di wilayah hukum Polsek Pinggir belum lama ini yang notabene bersebelahan dengan wilayah hukum Polsek Mandau membuat kita ekstra waspada,'' kata Kapolsek Mandau AKP Devy Firmansyah Sik melalui Wakapolsek AKP Daud Sianturi Ssos kepada Tribun, Rabu (26/10).

Sama halnya dengan kecamatan Pinggir, kecamatan Mandau yang berada di jalur lintas Sumatera. Diakui jalur ini sangat rawan terhadap berbagai macam tindak kejahatan, seperti curas, curanmor, dan peredaran narkoba.

Sistim patroli yang diterapkan dibagi beberapa shift, yaitu pagi, siang, malam dan tengah malam. Anggota yang bertugas akan menyisir tiap pelosok kota dan desa. Ada yang pakai mobil patroli, ada juga yang menggunakan sepedamotor.

"Maksudnya, apabila ada kejadian polisi cepat meluncur ke lapangan, dan masyarakat pun bisa dengan lekas melaporkan setiap kejadian,'' lanjut Daud.

Wilayah kecamatan Mandau yang sangat luas dan tak mungkin bisa terjangkau dengan personil Polsek Mandau yang terbatas. Untuk itu Wakapolsek berharap dukungan dari masyarakat baik itu informasi terkait setiap gejala dan tindak kriminalitas yang terjadi.

''Tanpa dukungan masyarakat kita akan sulit mendeteksi dan mengantisipasi aksi kejahatan. Seperti kasus curas, kalau tak cepat dilaporkan akan sulit melacaknya,'' pungkasnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar