Minggu, 30 Oktober 2011

SMA IT Mutiara Taja Kegiatan Hari Bahasa

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Untuk mengasah kemampuan berbahasa siswa, SMA Islam Terpadu (IT) Mutiara gelar lomba hari bahasa. Bertempat di lingkungan sekolah, SMA IT Mutiara selenggarakan acara ini dalam dua hari. Yakni Jumat dan Sabtu (28-29/10). Ajang ini dimaksudkan supaya membangkitkan kecintaan siswa pada bahasa Indonesia.

Tujuan lain dari acara ini yakni dapat memberi motivasi menulis, membaca dan berbicara dalam tingkat kemampuan yang lebih tinggi dan berkompetisi. Acara ini ditujukan pada pelajar tingkat SMA dan SMP sederajat. Dan pesertanya merupakan siswa SMA dan SMP se-kecamatan Mandau, Pinggir dan sejumlah sekolah undangan.

Adapun tema kegiatan kali ini adalah Selamatkan Palestina. Selain penggugah kecintaan terhadap bahasa Indonesia, kegiatan ini juga dibumbui dengan penumbuhan kepedulian sosial. Yakni, dana pendaftaran peserta akan diinfakkan untuk rakyat Palestina.

''Dari lomba yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, juga sebagai alat ukur melihat kemampuan guru dalam mendidik anak di bidang bahasa,'' ujar Kepala SMAS IT Mutiara Duri, Dra Hj Irmalida didampingi Dra Gusni Eliza, Sabtu (29/10).

Adapun ragam kegiatan yang diperlombakan yaitu Lomba Menulis Indah, Lomba Grafiti, Lomba Menulis Puisi, Lomba Menulis Esai, Lomba Menulis Cerpen, Lomba Deklamasi Puisi dan Lomba Pidato. Dari sejumlah perlombaan ini hanya Lomba Graffity yang diikuti SMA dan SMP se-kecamatan Mandau dan Pinggir. Selebihnya untuk intern SMAS IT Mutiara.

Irmalinda menjelaskan bahwa kemampuan berbahasa yang lebih tinggi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan kalimat mengandung keindahan. Kemampuan estetika itulah yang musti dipunyai siswa. Melalui kegiatan Hari Bahasa ini diharapkan keterampilan berbahasa siswa lebih terasah.

"Estetika bahasa akan membuat kehidupan sehari-hari terasa lebih indah dan penuh motivasi. Bahasa akan menghantarkan pikiran dan perasaan manusia untuk lebih dipahami orang lain. Hal inilah yang ingin kita terapkan kepada pelajar,'' ungkapnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar